fbpx

Ingin bangun rumah impian sendiri, tapi takut uang yang Sobat Hijau miliki tidak mampu menutupi seluruh biaya pembangunan?

Atau takut ada biaya tambahan yang membengkak di tengah perjalanan pembangunan rumah impian Sobat Hijau?

Sepertinya, tips bangun rumah hemat biaya berikut ini bisa menjadi referensi yang bagus bagi Sobat Hijau!

Karena, di dalam artikel ini, Kontraktor Hijau akan menjelaskan tips bangun rumah hemat biaya secara terperinci yang tentunya mudah untuk Sobat Hijau praktikkan!

Yuk, langsung saja kita bahas, Sobat Hijau!

Tips Bangun Rumah Hemat Biaya

1.  Buat Planning Bangun Rumah secara Lengkap & Teliti

Tips Bangun Rumah Hemat Biaya yang Pertama, Buat Planning yang Matang
Tips Bangun Rumah Hemat Biaya yang Pertama, Buat Planning yang Matang @ Raja Plastik

Sebelum mulai bangun rumah, pastikan Anda sudah membuat planning bangun rumah secara lengkap dan teliti.

Mulai dari pra-konstruksi hingga pasca-konstruksi, Anda harus benar-benar memastikan bahwa Anda sudah membuat rencana konstruksi Anda dengan detail tanpa ada satupun yang miss.

Jangan sampai ada yang terlompat atau bahkan tertinggal, karena bisa-bisa biaya pembangunan rumah impian Anda nanti membengkak di tengah perjalanan.

Kami sangat menyarankan Anda untuk membaca artikel kami yang ini untuk mengetahui lebih lengkap tahap-tahap pembangunan rumah dari nol.

Jika masih bingung, Anda dapat berkonsultasi dengan tim ahli kami untuk mendapatkan bayangan lebih berapa budget yang Anda perlukan untuk membangun rumah impian Anda.

Silakan gunakan jasa kontraktor bangun rumah kami dengan menghubungi kami di WhatsApp.

Mumpung dengan kami Anda bisa konsultasi online secara GRATIS!

Kami siap menunggu kedatangan Anda!

2. Pastikan Anda Sudah Memiliki Tanah Kosong yang Siap Pakai

Salah Satu Tips Bangun Rumah Hemat Biaya, Tanah Kosong Sudah Siap
Salah Satu Tips Bangun Rumah Hemat Biaya, Tanah Kosong Sudah Siap @ 99.co

Jangan sampai Anda belum memiliki tanah kosong yang siap pakai sebelum membangun rumah impian Anda.

Karena bentuk dan luasan rumah impian Anda tergantung pada karakteristik dari tanah kosong yang Anda miliki.

Apalagi jika tanah kosong Anda sudah siap pakai, tentu untuk membangun rumah impian sendiri tanpa menghabiskan banyak biaya jadi jauh lebih mudah.

Belum memiliki tanah kosong sendiri?

Artikel kami yang ini mungkin bisa membantu Anda dalam memilih & membeli tanah yang pas untuk membangun rumah impian Anda.

Di situ kami sudah menjelaskan secara lengkap apa saja yang harus Anda perhatikan saat memilih dan membeli tanah, dan tentunya dilengkapi dengan tips melakukannya agar Anda tidak salah membeli tanah.

Sudah memiliki tanah kosong?

Pastikan Anda sudah menyiapkannya dengan baik agar Anda bisa langsung menggunakannya ketika sudah ready untuk membangun rumah impian Anda.

Baca artikel kami yang ini untuk tutorial lengkapnya.

Semoga bermanfaat, ya!

3. Carilah Referensi Model Rumah Impian yang Pas & Sesuai dengan Kondisi Anda

Referensi Model Rumah Impian di Kontraktor Hijau
Referensi Model Rumah Impian di Kontraktor Hijau @ Kontraktor Hijau

Jangan sampai Anda memilih referensi model rumah impian yang kurang sesuai dengan kondisi Anda, baik dari segi karakteristik lahan kosong maupun budget yang Anda miliki.

Pilihlah yang tampilannya tidak terlalu glamor dan sepertinya tidak akan menghabiskan biaya Anda namun masih sesuai dengan selera pribadi Anda dan keluarga.

Pastikan model rumah impian yang Anda jadikan referensi memiliki jumlah maupun detail ruangan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda dan keluarga.

Jangan sampai eksteriornya sesuai dengan selera Anda, tetapi ternyata interiornya tidak pas dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Karena, takutnya, Anda jadi harus sering-sering revisi desain arsitek rumah Anda di tengah perjalanan sehingga biaya yang Anda keluarkan pun jadi lebih besar dari yang Anda rencanakan di awal.

Jadi, pastikan Anda memilih referensi model rumah impian Anda dengan menyeluruh dan teliti, ya!

4. Buatlah Desain Rumah yang Minimalis

Rumah yang memiliki konsep minimalis cenderung lebih murah daripada konsep rumah lainnya, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Sebab, rumah dengan konsep minimalis tidak membutuhkan banyak ruangan dan detail yang menjadi penyebab membengkaknya biaya pembangunan rumah.

Selain itu, rumah minimalis yang notabenenya memiliki luasan yang cukup namun masih fungsionalis cenderung tidak membutuhkan banyak biaya untuk pendinginan ruangan menggunakan mesin AC.

Dengan demikian, rumah minimalis menjadi pilihan yang cocok untuk Anda yang ingin memiliki rumah impian sendiri namun tetap dapat menghemat biaya dalam jangka panjang.

Apalagi untuk Anda yang menyukai rumah yang tampilannya clean, tidak banyak detail, dan sederhana — rumah minimalis menjadi pilihan paling praktis untuk Anda yang menginginkan rumah impian yang dapat membawa ketenangan dalam kehidupan Anda.

5. Buat Rencana Anggaran Biaya (RAB) Sebaik Mungkin

Pastikan Anda sudah membuat RAB sebaik dan sejelas mungkin di awal sebelum pembangunan rumah impian Anda dimulai.

Jangan sampai pembangunan rumah impian Anda terlanjur dimulai tapi ternyata RAB-nya belum jelas sama sekali.

Karena takutnya akan ada biaya tambahan di luar yang Anda dan keluarga perkirakan di awal.

Bahkan, bisa saja lebih banyak daripada yang kalian perkirakan.

Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda sudah mencari tahu cara membuat RAB pembangunan rumah yang baik dan benar di internet.

Jika masih bingung dengan penjelasan-penjelasan yang sudah ada, cobalah menggunakan jasa kontraktor bangunan rumah untuk memudahkan perhitungan Anda.

Kontraktor bangunan rumah yang profesional biasanya mampu membuat RAB sedetail dan sejelas mungkin bahkan memprediksi biaya-biaya tambahan yang kemungkinan besar akan muncul di pertengahan jalan.

Pun kalau biaya yang Anda siapkan ternyata berlebih, dari mereka akan mengkomunikasikannya atau langsung mengembalikannya kepada Anda dengan jelas tanpa ada yang ditutup-tutupi.

Pilihlah Kontraktor Hijau yang sudah terpercaya dan profesional dalam urusan perhitungan RAB pembangunan rumah!

Kami berkomitmen penuh untuk memberikan hasil yang terbaik untuk klien-klien kami, termasuk dalam hal ini perhitungan RAB yang kami lakukan secara maksimal dan transparan!

Gunakan jasa kontraktor bangun rumah kami dengan menghubungi WhatsApp kami.

Mumpung dengan kami Anda bisa konsultasi online secara GRATIS!

Kami siap sedia melayani kebutuhan Anda!

6. Pilih Material yang Tahan Lama namun Terjangkau

Sebab, dengan begitu, Anda dan keluarga bisa menghemat pengeluaran jangka panjang karena tidak harus sering gonta-ganti material bangunan rumah.

Poin plus lagi jika bahan bangunan yang Anda miliki bersifat ramah lingkungan, dijamin Anda dan keluarga bisa menghemat pengeluaran jangka panjang dari segi tagihan listrik rumah!

Pastikan Anda memilih material secara cermat, ya!

Jangan hanya dari sisi estetika saja, namun juga memerhatikan dari sisi keawetan dan ketahanan termal yang dimilikinya.

Dengan begitu, Anda bisa bangun rumah dengan menghemat banyak biaya!

7. Pilih Kontraktor Bangun Rumah yang Bisa Menyesuaikan Budget Anda

Tips bangun rumah hemat biaya terakhir adalah memilih kontraktor yang kerjanya bisa menyesuaikan budget yang Anda miliki.

Sekarang ini tidak banyak kontraktor bangun rumah yang terbuka dengan opsi bangun rumah yang menyesuaikan budget Anda.

Kebanyakan sudah memiliki harga yang fix dengan model desain rumah yang sudah dibuat pakem oleh mereka.

Tentu ini akan terasa berat bagi sebagian besar Anda yang ingin membangun rumah impian sendiri dengan budget yang Anda miliki.

Kecuali Anda mempercayakannya kepada kami!

Kontraktor Hijau adalah kontraktor jasa bangun rumah profesional dengan manajemen direksi yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun menangani proyek pembangunan rumah impian.

Bukti Serah Terima dengan Klien
Bukti Serah Terima dengan Klien @ Kontraktor Hijau

Kami telah dipercaya 150+ klien untuk mewujudkan rumah impian mereka sejak tahun 2020, di mana rata-rata mereka menyatakan 100% PUAS dengan HASIL KERJA kami.

Karena kami memiliki spesialisasi membangun rumah impian yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan dan visi rumah impian Anda, sehingga hasil bangun rumah kami 100% SESUAI dengan gambaran rumah impian Anda di awal!

Mari gunakan jasa bangun rumah Kontraktor Hijau untuk bangun rumah impian yang hemat biaya!

Hubungi kami & dapatkan kesempatan konsultasi online secara GRATIS!

Kita wujudkan impian Anda tanpa repot!

Penulis

  • Habibah Auni

    SEO Specialist di Kontraktor Hijau. Senang membagikan ilmu seputar konstruksi, renovasi, desain rumah, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan mewujudkan rumah impian yang bermanfaat bagi pembaca. Nantikan terus artikel terbaru dari kami, ya!Mari Wujudkan Mimpi Membangun Rumah Impian Tanpa Repot!

    Lihat semua pos