fbpx

Siapa di sini yang punya rencana membangun rumah impian sendiri dari nol? Pastikan Sobat Hijau sudah memahami bagaimana cara membuat desain rumah sendiri dengan benar, ya, agar rumah Sobat Hijau dapat terbangun tanpa ada kerusakan/kecacatan!

Bagi sebagian Sobat Hijau di sini, membangun rumah impian sendiri tentu dirasa lebih menguntungkan daripada menggunakan jasa arsitek ataupun kontraktor. Karena, kita dapat membangun rumah impian dengan desain yang sesuai dengan yang kita inginkan. Tanpa ada intervensi dari pihak lain yang barangkali akan mengubah bentuk desain yang sudah kita rencanakan.

Ilustrasi Membangun Rumah Impian Sendiri @ Richie Burke/OnMilwaukee

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh National Custom and Self Build Association (NaCSBA) pada 2020 lalu saja, dengan mengambil sampel data 2017 orang dewasa berusia di atas 18 tahun, 1 dari 3 orang tertarik untuk membangun rumah yang sesuai dengan impian mereka (74%), dan rumah tersebut diharapkan dapat bertahan sampai di masa mendatang (50%).

“Senang rasanya melihat banyak orang yang mulai tertarik untuk membangun rumah impian sendiri, khususnya di kalangan generasi muda (18-24 tahun). Ini menunjukkan kalau mayoritas orang sudah menyadari betapa pentingnya membangun rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan visi rumah impian mereka.”

Paul Broadhead, Head of Mortgages and Housing di Building Societies Association (BSA)

Ada Tapinya…

Akan tetapi, membangun rumah impian sendiri bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan. Mengutip hasil survei yang sama dari NaCSBA, beberapa barrier ketika membangun rumah impian sendiri di antaranya kesulitan menemukan waktu untuk memulai menyelesaikan pembangunan (39%), tidak memiliki knowledge yang cukup (47%), kesulitan mendapatkan perizinan (49%), dan masih banyak lagi.

Dalam artikel “Bangun Rumah Sendiri atau Kontraktor”, Kontraktor Hijau juga sudah jelaskan bahwa beberapa kerugian membangun rumah sendiri di antaranya perlu mengalokasikan waktu dengan tepat untuk memulai atau menyelesaikan pembangunan, harus punya knowledge yang kuat tentang bagaimana cara membangun rumah yang benar seperti apa, dan tahu bagaimana cara mengurus perizinan pembangunan rumah dari A-Z.

Termasuk dalam hal ini kita perlu mengetahui dan memahami bagaimana cara membuat desain rumah sendiri, mulai dari apa yang harus dilakukan ketika memulai proses desain, apa saja yang harus diperhatikan ketika membuat desain rumah sendiri, hingga apa saja tantangan atau hambatan ketika membuat desain rumah sendiri.

Untuk itu, kali ini Kontraktor Hijau akan membagikan penjelasan mengenai cara membuat desain rumah sendiri kepada Sobat Hijau. Agar Sobat Hijau dapat mewujudkan rumah impian tanpa repot. Simak sampai akhir, ya!

4 Cara Membuat Desain Rumah Sendiri. Lakukan secara Berurutan, ya!

1. Lakukan Persiapan

Ilustrasi Melakukan Persiapan Sebelum Mendesain Rumah @ Reshma M/Houzeo

Persiapan menjadi langkah penting yang harus Anda lakukan sebelum mulai mendesain rumah impian Anda. Dengan melakukan persiapan di awal, Anda dapat memastikan bahwa bangunan rumah impian Anda sesuai dengan rencana desain di awal tanpa ada kesalahan/kecacatan yang berarti.

Nah, dalam tahap persiapan, Anda tidak perlu membuat rencana cara membuat desain rumah sendiri secara mendetail dan terperinci. Anda cukup menentukan secara kasaran berapa budget yang Anda butuhkan untuk membuat desain rumah sendiri, desain rumah yang Anda inginkan seperti apa, dan lokasi rumah beserta cara pengurusan perizinannya.

Tips Melakukannya:

  • Meriset hal-hal dari informasi yang beredar di internet
  • Bertanya pada orang terdekat atau komunitas yang relate dengan ini
  • Berkonsultasi langsung dengan perusahaan kontraktor

Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan Kontraktor Hijau! Sebagai perusahaan kontraktor dengan pengalaman mewujudkan 150+ rumah impian, kami siap membantu Anda membuat desain rumah sendiri! Silakan tanyakan apa yang menjadi keresahan Anda dengan menghubungi nomor kami ini melalui WhatsApp!

Mari wujudkan rumah impian sendiri dengan tangan Anda sendiri!

2. Menentukan Kebutuhan dan Preferensi Desain Rumah Impian Anda

Referensi Rumah Impian di Pinterest @ Habibah Auni/Kontraktor Hijau

Menentukan kebutuhan dan preferensi desain rumah impian menjadi langkah penting berikutnya yang harus Anda lakukan di awal. Kenapa begitu? Karena, dengan menentukan kebutuhan dan preferensi desain, Anda dapat membangun rumah impian yang sesuai dengan ekspektasi Anda di awal tanpa ada kesalahan dalam desain maupun konstruksi.

Pada tahap ini, pastikan Anda telah menentukan ukuran rumah secara keseluruhan yang Anda inginkan beserta jumlah kamar, ukuran tiap kamar, dan fungsi dari setiap kamar tersebut. Jangan lupa untuk menyesuaikan desain rumah tersebut dengan gaya arsitektur yang Anda inginkan, entah itu minimalis, industrial, modern, atau lainnya. 

Selain itu, perhatikan juga karakteristik dari lahan tempat pembangunan rumah Anda, mulai dari arah datangnya matahari, topografi lahan, sampai kondisi di lingkungan sekitar. Karena ini akan sangat mempengaruhi bagaimana Anda membuat desain rumah impian Anda nantinya.

Tips Melakukannya:

  • Buat daftar prioritas desain rumah yang Anda inginkan seperti apa, sehingga nanti Anda dapat menyeleksi dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan ruang Anda dan keluarga
  • Berdiskusi dengan anggota keluarga untuk mengetahui kebutuhan dan preferensi desain mereka
  • Kumpulkan contoh desain yang Anda inginkan untuk dijadikan sebagai referensi ketika membuat desain rumah impian nantinya

3. Gunakan Aplikasi Desain Rumah untuk Pemula

FOTO: ROOMSKETCHER

Kehadiran aplikasi desain rumah tentu sangat membantu kita yang ingin membuat desain rumah sendiri tanpa memiliki background arsitektur atau desain. Terlebih lagi, aplikasi desain rumah biasanya dapat membantu kita mendesain rumah setingkat profesional dengan akurat, lho.

Sebelum menggunakan aplikasi, pastikan Anda telah mempelajari setiap aplikasi tersebut secara teliti, mulai dari segi fitur, keunggulan, kekurangan, dan lain sebagainya. Kontraktor Hijau sarankan kepada untuk membaca artikel “Aplikasi Desain Rumah untuk Pemula”, karena kami sudah menjelaskannya dalam artikel tersebut secara komprehensif.

Tips Melakukannya:

  • Pelajari setiap aplikasi desain rumah dengan teliti. Pahami fitur-fitur, keunggulan, dan kekurangan dari setiap aplikasi tersebut. Kalau perlu, cari tahu tutorial cara menggunakan setiap aplikasi desain tersebut untuk membantu Anda mengetahui mana aplikasi desain rumah yang paling cocok dengan Anda
  • Manfaatkan template desain rumah yang tersedia dalam aplikasi desain rumah. Dengan menggunakan template, Anda akan lebih terbayang cara membuat desain rumah sendiri. Sehingga, Anda dapat membuat desain rumah secara efektif dan efisien
  • Buat sketsa dan rencana desain rumah (ukuran dan tata letak ruangan, dimensi ruangan, penempatan pintu & jendela, dan sebagainya) untuk memudahkan Anda dalam membuat desain rumah impian Anda
  • Gunakan visualisasi 3D untuk mendapatkan gambaran secara akurat bagaimana rumah Anda nantinya jika sudah selesai dibangun

4. Evaluasi dan Revisi Desain Rumah yang Telah Anda Buat

Ilustrasi Membuat Desain Rumah @ Glenda Taylor/Bob Vila

Terakhir, jangan lupa untuk mengevaluasi dan merevisi desain rumah yang telah Anda buat. Dengan melakukan ini, Anda dapat lebih memastikan bahwa rumah yang Anda bangun sudah sesuai dengan harapan dan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga lebih memiliki kesempatan untuk memperbaiki potensi masalah sebelum memulai proses konstruksi.

Tips Melakukannya:

  • Minta masukan dari orang-orang terdekat atau profesional seperti Kontraktor Hijau untuk membantu Anda mengevaluasi desain rumah impian Anda
  • Jangan ragu untuk melakukan revisi jika memang ada bagian yang harus diperbaiki. 
  • Terus lakukan evaluasi secara berulang sampai menemukan desain rumah yang sempurna dan sesuai dengan kondisi di lapangan.

Itu dia penjelasan mengenai cara membuat desain rumah sendiri tanpa full menggunakan jasa arsitek. Pada intinya, untuk membuat desain rumah sendiri, Anda perlu melakukan persiapan dulu di awal, menentukan kebutuhan dan preferensi desain rumah impian, menggunakan aplikasi desain rumah untuk pemula, dan melakukan evaluasi dan revisi. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh desain rumah yang sesuai dengan impian Anda dan keluarga selama ini.

Pastikan Anda telah memahami cara membuat desain rumah sendiri secara seksama sebelum memutuskan untuk melakukannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Hubungi Kami Melalui WhatsApp