fbpx

Bangun rumah sendiri atau kontraktor, mungkin menjadi kebingungan sebagian Sobat Hijau yang sedang berencana membangun rumah impian. Betul?

Bagi sebagian Sobat Hijau, mungkin membangun rumah sendiri akan menjadi pengalaman yang seru dan menantang karena dapat mewujudkan rumah impian sendiri dengan bebas tanpa intervensi dari pihak lain. Namun, mungkin ada beberapa di antara Sobat Hijau yang lebih memilih menggunakan jasa kontraktor karena tidak ingin ribet dan mencegah hal yang tidak-tidak pada rumah di masa depan.

Sebenarnya, tidak ada yang salah jika Sobat Hijau lebih memilih bangun rumah sendiri atau kontraktor. Hanya saja, ada baiknya Sobat Hijau menimbang-nimbang keuntungan dan kerugian dari masing-masing pilihan tadi agar dapat mencegah hal yang tidak diinginkan di masa depan. Jangan sampai, Sobat Hijau salah dalam mengambil keputusan yang membuat diri sendiri merugi dan berujung harus merenovasi rumah secara berulang kali.

Kali ini Kontraktor Hijau akan memaparkan keuntungan dan kerugian dari bangun rumah sendiri atau kontraktor. Pastikan Sobat Hijau menyimaknya sampai akhir, ya, agar nantinya dapat lebih bijak dalam mengambil keputusan. Selamat membaca!

Lebih Baik Bangun Rumah Sendiri atau Kontraktor, Ya?

Keuntungan Bangun Rumah Sendiri

  • Dapat memilih desain rumah sendiri dan menyesuaikannya dengan selera.
  • Dapat menentukan material bangunan yang berkualitas sesuai dengan preferensi pribadi.
  • Bebas menentukan timeline pengerjaan yang disesuaikan dengan kesibukan diri sendiri.
  • Bebas memilih mengerjakan sendiri atau menggunakan jasa tukang langganan yang kita tahu betul kualitas pekerjaannya.
  • Bebas mengotak-ngatik bagian rumah selama pembangunan jika sewaktu-waktu ada yang terlihat kurang bagus atau kurang sesuai ekspektasi.
  • Biaya bisa lebih murah karena kita sendiri yang mencari dan menentukan material bangunan.
  • Menimbulkan rasa bangga tersendiri karena telah berhasil membangun rumah impian dengan jerih payah sendiri. Bisa menjadi bahan untuk diceritakan kepada anak-cucu kita kelak.

Kerugian Bangun Rumah Sendiri

  • Timeline pengerjaan yang bebas dapat menjadi pisau bermata dua, di mana kita mungkin saja jadi kurang fokus dalam membangun rumah, entah karena kurang puas dengan hasil yang kita buat, kesibukan kita sendiri, atau beragam alasan lainnya.
  • Kita mungkin akan kesulitan memilih tanah sendiri yang sesuai dan strategis untuk rumah yang akan dibangun.
  • Kita harus knowledgeable dan benar-benar memahami bagaimana cara membangun rumah yang benar seperti apa. Karena, bisa saja dalam perjalanan pembangunan rumah kita, terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, entah material yang dibeli ternyata tidak cocok, tukang tiba-tiba berhenti bekerja di tengah jalan, dan lain-lain.
  • Kualitas rumah yang dibangun belum tentu terjamin, kecuali jika kita memiliki pengalaman dan pengetahuan yang dalam tentang properti dan rumah.
  • Kemungkinan besar akan banyak pengeluaran tidak terduga khususnya bagi kita yang belum memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang pembangunan rumah sebelumnya.
  • Mengurus perizinan pembangunan rumah akan lebih sulit dan memakan lebih banyak waktu jika tidak menggunakan bantuan profesional.

Keuntungan Bangun Rumah dengan Kontraktor

  • Tidak perlu pusing memikirkan soal keberlangsungan pembangunan karena sudah ada perusahaan kontraktor yang mengatur jadwal proyek, memilih material, dan menugaskan tukang yang profesional & berpengalaman.
  • Kemungkinan pembangunan rumah gagal sangat kecil jika kontraktor yang kita pilih memiliki pengalaman yang mumpuni dan memiliki pemahaman yang dalam tentang teknis konstruksi bangunan.
  • Biasanya, biaya pembangunan cenderung fix karena sudah ada kesepakatan di awal & penggunaan rencana anggaran biaya (RAB), sehingga kita tidak perlu khawatir akan ada overbudget.
  • Lebih mudah mengurus perizinan pembangunan karena perusahaan kontraktor biasanya memiliki pengalaman dan pemahaman yang baik tentang cara mengurus perizinan untuk membangun rumah.
  • Dapat mewujudkan rumah impian tanpa ada kerusakan/kecacatan jika menggunakan jasa kontraktor berpengalaman & profesional seperti Kontraktor Hijau, yang terbukti telah mewujudkan 150+ rumah impian klien sejak tahun 2020. Simak testimoni salah satu klien kami di bawah ini.
Bangun rumah dengan kontraktor: mendapatkan kejelasan dan jaminan dalam bentuk kontrak

Ini dia cerita salah satu klien yang membangun rumahnya dengan Kontraktor Hijau🙌🏻

Kerugian bangun rumah dengan kontraktor

  • Ada beberapa kontraktor yang nakal dan mark-up anggaran untuk pembangunan maupun pembelian material yang di luar kesepakatan di awal.
  • Tidak jarang ada oknum kontraktor yang tidak profesional dalam bekerja dengan menelantarkan proyek yang belum selesai, sehingga kita perlu lebih berhati-hati dalam memilih kontraktor.
  • Harga bisa saja lebih mahal daripada bangun rumah sendiri karena diakui atau tidak perusahaan kontraktor juga perlu mendapatkan profit.
  • Perusahaan kontraktor yang tidak memiliki keahilan arsitektur mungkin saja memberikan hasil yang di bawah ekspektasi kita.
  • Tidak memiliki kebebasan sebanyak ketika membangun rumah sendiri, karena proses pembangunan rumah kita ada di bawah kontrol kontraktor.

Jadi, Pilih Bangun Rumah Sendiri atau Kontraktor?

Bangun rumah dengan kontraktor: Anda sebagai pengawas

Pada intinya, bangun rumah sendiri atau kontraktor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka itu, pastikan Anda sudah mempertimbangkan matang-matang kebutuhan, preferensi, dan budget untuk membangun rumah sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pembangunan.

Opsi membangun rumah sendiri cocok untuk Anda yang menyukai tantangan dan memiliki pemahaman yang mendalam soal membangun rumah. Sementara, pilihan menggunakan jasa kontraktor cocok untuk Anda yang ingin mewujudkan rumah impian tanpa ada rasa khawatir akan gagal.

Bagi Anda yang lebih prefer menggunakan jasa kontraktor, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu dan memilih kontraktor yang terpercaya dan berpengalaman. Pastikan Anda telah memeriksa portofolio mereka dan membaca review dari klien-klien mereka sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa mereka.

Dengan memilih kontraktor yang pengalaman dan keahliannya sudah terbukti seperti Kontraktor Hijau, Anda tentu dapat membangun rumah impian dengan lebih efisien dan tanpa rasa khawatir yang berlebihan. Karena, Kontraktor Hijau sendiri, adalah jasa bangun rumah Jabodetabek dan Jawa Barat yang terbukti telah mewujudkan 150+ rumah impian klien sejak tahun 2020.

Kontraktor Hijau sendiri dikenal sebagai perusahaan kontraktor dengan spesialisasi membangun rumah dengan desain yang sesuai keinginan klien-klien kami. Kami dikenal unggul dalam menerjemahkan kebutuhan klien-klien kami ke dalam wujud rumah yang berkelas dan sesuai dengan kebutuhan mereka, sehingga mereka dapat menikmati hari-hari di rumah bersama keluarga dengan nyaman dan damai.

Mari kita wujudkan mimpi Anda membangun rumah yang keren dan sesuai dengan kebutuhan Anda! Bicarakan saja kebutuhan Anda dengan langsung menghubungi kami di sini. Kami lebih dari kata siap untuk melayani Anda!