fbpx

Bangun rumah lahan kosong tentu memiliki kondisi yang berbeda dengan membeli rumah kompleks atau rumah bekas huni.

Dari segi kondisi lahan, misalnya, Sobat Hijau tentu tidak bisa berharap bahwa lahan kosong yang Sobat Hijau miliki sudah dalam kondisi yang siap untuk pembangunan rumah.

Berbeda dengan ketika membeli rumah kompleks atau rumah bekas huni, di mana Sobat Hijau tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal tersebut karena sudah mengonfirmasikannya kepada developer atau pemilik sebelumnya.

Mau tidak mau, Sobat Hijau perlu menyusun persiapan yang matang sebelum bangun rumah.

Hal ini dilakukan agar Sobat Hijau dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat rumah sudah selesai dibangun, seperti misalnya kerusakan pada instalasi listrik di rumah, rumah mudah terendam banjir, dan sebagainya.

Kontraktor Hijau akan membagikan penjelasan mengenai apa saja hal penting yang perlu disiapkan sebelum bangun rumah lahan kosong.

Pastikan Sobat Hijau menyimaknya sampai akhir, ya, karena ini menyangkut hajat hidup Anda dan keluarga ke depannya. Silakan disimak!

Apa Saja yang Perlu Disiapkan Sebelum Bangun Rumah Lahan Kosong?

1. Sebelum Bangun Rumah Lahan Kosong, Pastikan Sumber Daya Listrik dan Air Sudah Tersedia di Lokasi Pembangunan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat membangun rumah di lahan kosong adalah ketersediaan sumber daya listrik dan air.

Kenapa begitu?

Karena, tidak seperti rumah kompleks atau rumah bekas huni yang sumber daya listrik dan airnya sudah pasti tersedia, di lahan kosong yang Anda pilih sebagai tempat untuk membangun rumah belum tentu ada keduanya.

Padahal, sumber daya listrik dan air sangat dibutuhkan saat proses pembangunan rumah Anda berlangsung.

Keduanya akan digunakan oleh tukang bangunan Anda untuk mengoperasikan sekaligus membersihkan berbagai alat konstruksi yang berguna untuk kepentingan pembangunan rumah Anda.

Selain itu, baik sumber daya listrik maupun air, keduanya juga sangat diperlukan untuk mengecek kinerja instalasi listrik, peralatan rumah tangga, saluran air, dan masih banyak lagi.

Sebagai penghuni yang ingin hidup dengan nyaman di rumah impiannya, tentu Anda tidak ingin sumber daya listrik dan air di rumah Anda tidak dapat berjalan, bukan?

Lantas, bagaimana kasusnya jika di lahan kosong Anda belum tersedia sumber daya listrik dan air?

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan sambungan listrik dan air kepada perusahaan yang bertanggung jawab.

Karena proses ini memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit, pastikan Anda mempersiapkannya dengan baik sebelum memulai pembangunan.

2. Jangan Lupa Membersihkan Lahan Kosong Anda dari Rumput dan Pohon!

survei rumah lahan kosong sebelum pembangunan dimulai

Ini adalah hal kedua yang harus Anda perhatikan saat membangun rumah di lahan kosong.

Ya, lahan Anda harus bersih total dari rumput dan pohon.

Karena keduanya akan membahayakan keselamatan selama pembangunan berlangsung maupun Anda ketika menghuni rumah impian Anda nanti.

Ketika lahan kosong Anda penuh dengan rumput dan pohon, otomatis alat berat dan kendaraan konstruksi akan kesulitan untuk bergerak selama proses pembangunan berlangsung.

Pembangunan rumah Anda pun akan berlangsung secara tidak sempurna, bahkan sangat mungkin akan ada kecacatan pada rumah Anda ketika sudah jadi nanti.

Tidak hanya itu, lahan kosong yang belum bebas dari rumput liar juga berpotensi lebih besar untuk mengalami erosi, penumpukan air, atau penyebaran gulma invasif.

Akibatnya, ketika hujan lebat, rumah Anda akan lebih rentan untuk mengalami kerusakan pada bagian pondasi atau struktural rumah secara keseluruhan dan mudah tergenang air yang bahkan bisa menyebabkan rumah Anda banjir.

Mau tidak mau, Anda jadi harus mengeluarkan biaya lebih untuk merenovasi rumah Anda.

Maka itu, sebelum memulai pembangunan, pastikan lahan Anda sudah bersih dari rumput dan pohon.

Jika Anda bingung bagaimana cara melakukannya, Anda dapat menyewa Kontraktor Hijau untuk membersihkan lahan kosong Anda sebelum memulai pembangunan rumah Anda.

Sebagai perusahaan kontraktor profesional & berpengalaman, kami menyediakan jasa bangun rumah termasuk untuk lahan kosong yang sudah termasuk dengan pembersihan lahan dari rumput dan pohon.

Hubungi kami & dapatkan kesempatan KONSULTASI ONLINE SECARA GRATIS.

Kami sangat antusias untuk membantu Anda mewujudkan rumah impian!

3. Ratakan Lahan Kosong Anda

salah satu persiapan sebelum bangun rumah lahan kosong

Setelah lahan bersih dari rumput dan pohon, langkah selanjutnya adalah meratakan tanah.

Ini akan memastikan bahwa rumah Anda nantinya memiliki pondasi yang kuat dan stabil.

Perataan tanah juga akan memudahkan proses penggalian pondasi.

4. Jangan Lupakan Penggalian Pondasi!

Terakhir, penggalian pondasi. Pondasi merupakan elemen utama terpenting yang harus ada dalam struktur bangunan rumah Anda.

Penggalian pondasi yang tepat tentu akan menjadi jaminan bahwa rumah Anda mampu menopang seluruh beban bangunan dengan stabil.

Dengan begitu, rumah Anda akan terhindar dari kerusakan yang berarti meskipun terjadi perubahan tanah, gempa, maupun banjir.

Maka itu, pastikan bahwa penggalian pondasi dilakukan dengan benar dan sesuai dengan desain yang telah direncanakan.

Bagaimana caranya?

Anda bisa memulainya dari mengidentifikasi lahan, menguji kecocokan tanah, memastikan keterhubungan utilitas rumah, hingga menggali pondasi itu sendiri dengan kontraktor.

Dengan melakukan ini, Anda dapat memastikan langsung apakah pondasi memiliki kekuatan dan stabilitas yang memadai untuk menopang bangunan rumah Anda atau tidak.

Jadi Apakah Anda Akan Bangun Rumah Lahan Kosong?

Merencanakan persiapan yang matang sebelum memulai pembangunan rumah adalah kunci sukses dalam membangun rumah yang berkualitas dan aman.

Pastikan bahwa sumber daya listrik dan air sudah tersedia, lahan sudah bersih dari rumput dan pohon, tanah sudah rata, dan pondasi sudah tergali dengan benar.

Dengan persiapan yang matang, Anda dapat membangun rumah impian yang kuat, stabil, dan aman untuk Anda dan keluarga.

Membangun rumah yang indah namun kokoh tentu menjadi impian semua orang, termasuk Anda.

Apalagi jika rumah dibangun dari lahan kosong, Anda bisa lebih bebas mengeksplorasi bentuk rumah yang Anda inginkan untuk diwujudkan. Betul?

Mari Bangun Rumah Impian Anda Bersama Kontraktor Hijau!

Kami memahami kekhawatiran Anda bahwa rumah impian Anda yang dibangun dari lahan kosong mungkin berpotensi untuk gagal.

Entah karena takut ditipu tukang bangunan/perusahaan kontraktor, takut salah mengambil langkah dan melakukan persiapan, takut perusahaan kontraktor salah persepsi dengan rumah impian yang Anda inginkan sehingga hasilnya sangat keliru, dan sebagainya.

Karena itu, kami, Kontraktor Hijau, salah satu perusahaan kontraktor profesional & berpengalaman yang berbasis di Bekasi, hadir di tengah-tengah Anda untuk membantu Anda membangun rumah impian.

Kontraktor Hijau merupakan perusahaan penyedia jasa bangun rumah di Jabodetabek dan Jawa Barat yang telah terbukti berhasil menyelesaikan 150++ proyek konstruksi rumah tinggal & interior sejak tahun 2020.

Sebagai perusahaan kontraktor yang sudah terbukti pengalaman dan keahliannya, Kontraktor Hijau mampu mewujudkan rumah impian sesuai dengan desain yang Anda inginkan.

Kami dikenal unggul dalam menerjemahkan kebutuhan klien-klien kami ke dalam wujud rumah yang berkelas dan sesuai kebutuhan, sehingga mereka dapat menikmati hari-hari mereka bersama keluarga di rumah dengan nyaman dan aman.

Mari ambil langkah dan wujudkan rumah impian Anda yang indah itu!

Hubungi kami & dapatkan kesempatan KONSULTASI ONLINE SECARA GRATIS.


Kami sangat antusias untuk membantu Anda mewujudkan cita-cita memiliki rumah impian!

Hubungi Kami Melalui WhatsApp